• Analisis Usability Web www.kameraonline.com – Bagian 2

    Date: 2011.01.27 | Category: Usability Web (Interaksi Manusia& Komputer) | Tags:

    Tulisan ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya yang akan berisi pembahasan mengenai usability web dari situs www.tokokameraonline.com.  Usability web akan dianalisis berdasarkan heuristik usability dari Nielsen.

    Menurut Jacob Nielsen, usability web merupakan kombinasi beberapa faktor berupa : 1)seberapa mudah dan cepat suatu website untuk digunakan dan dipelajari oleh user (Ease of learning),  2)seberapa efisien  website itu ketika digunakan oleh user (Efficiency of use), 3) seberapa mudah suatu website untuk diingat (Memorability), 4) seberapa banyak user yang merasa nyaman dalam menggunakan website tersebut (Subjective satisfaction),  5)seberapa sering user membuat kesalahan saat sedang menggunakan website tersebut (Error frequency and severity).

    Jika user  tidak dapat atau tidak akan menggunakan suatu fitur tertentu dalam website tersebut, maka lebih baik fitur tersebut tidak perlu ada.

    Berikut ini, saya akan langsung membahas usability dari situs www.tokokameraonline.com.  Metode pengkajian yang saya gunakan dalam  menilai usability dari antarmuka website ini, yaitu Nielsen usability heuristik, yang meliputi:

    1. Visibility of System Status, yaitu seberapa baik feedback status dari sistem kepada pengguna.
    -Pada situs www.tokokameraonline.com, terjadi perubahan warna garis menjadi biru ketika user melakukan mouseover  pada salah satu menu.  Lain halnya, pada saat user melakukan mouseover pada menu kategori, perubahan warna kurang terlihat jelas karena sebelum di mouseover digunakan warna putih keabuan, setelah mouseover  berubah menjadi warna abu-abu yang sedikit lebih tua dari sebelumnya.

    Beberapa gambar yang menampilkan mouseover:

    -Pada menu home, how to buy, site map, about us, dan contact us, penanda halaman aktif hanya terlihat pada title bar dipojok kiri atas sehingga kurang terlihat oleh user. Tidak terjadi perubahan warna pada tab menu itu sendiri, sehingga mempersulit user dalam mengetahui dimana posisinya saat ini.

    -Jika user memilih salah satu submenu pada menu categories yang terletak di sisi kiri, terdapat breadcrumb yang membantu user untuk mengetahui posisi halaman yang sedang aktif, sehingga user tidak bingung dan kehilangan jejak terhadap posisinya saat ini.

    2. Match Between System and the Real World, yaitu sistem harus menampilkan bahasa atau ikon tertentu yang familiar dengan user pada dunia nyata.

    -Pada situs www.tokokameraonline.com, menu-menu utama menggunakan bahasa Inggris yang mungkin cukup familiar bagi kebanyakan user. Namun, ketidakkonsistenan terjadi pada menu registrasi (belum daftar) dan menu keranjang belanja yang menggunakan bahasa Indonesia.

    Secara keseluruhan, website ini tidak menimbulkan kebingungan user walaupun dalam pemilihan bahasa terjadi ketidakkonsistenan.

    3. User Control and Freedom, yaitu pengguna harus dapat mengontrol sistem dan memiliki kebebasan melakukan apa saja terhadap sistem tanpa merasa dipersulit.

    -Pada halaman keranjang belanja, situs ini menyediakan fungsionalitas untuk menghapus pesanan (daftar produk yang telah masuk keranjang belanja).  Jika ternyata produk yang dipesan ingin dibatalkan, maka user hanya perlu melakukan klik pada tanda silang di sebelah kiri nama produk.  Selain itu, pada halaman tersebut terdapat tombol back untuk kembali berbelanja (kembali ke halaman yang menampilkan bermacam-macam produk) serta tombol recalculate untuk menghitung ulang biaya pembelian.

    -Setelah melakukan pemesanan, terdapat pilihan menu untuk memasukkan alamat mana yang akan menerima kiriman barang.  Jika alamat user tidak berubah, maka user hanya perlu melakukan klik pada tombol OK dan langsung masuk ke langkah selanjutnya.  Namun, jika ternyata user menginginkan barang pesanan dikirim ke alamat lain yang berbeda dengan alamat yang tertera di identitas diri user, maka user bisa memasukkan alamat lain tersebut tanpa harus melakukan perubahan ulang terhadap identitas diri.

    -Setelah tiba pada tahap konfirmasi, user tetap diberi keleluasaan dalam mengontrol maupun kebebasan, dimana user dapat melakukan edit belanja jika ternyata ada barang yang ingin ditambahkan ke keranjang belanja ataupun barang yang tidak jadi dibeli.  Selain itu, user juga dapat melakukan perubahan metode pembayaran dan alamat pengiriman jika ternyata user salah memilih/ menginputkan pada langkah sebelumnya.

    4. Consistency and Standards, yaitu terminology, bahasa, ikon, dan kontrol user harus konsisten di semua antarmuka.  Sebaiknya desain antarmuka menggunakan sesuatu yang telah familiar di sisi user.

    -Pada situs ini, bahasa yang digunakan sangat tidak konsisten karena penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia nya bercampur-baur.  Menu-menu utama kebanyakan menggunakan bahasa Inggris karena mungkin istilah tersebut standard sehingga cukup familiar dengan user.  Namun, ternyata ada juga beberapa menu yang menggunakan bahasa Indonesia.

    Isi situs ini juga tidak konsisten, dimana ada beberapa konten menu yang di dalamnya menggunakan bahasa Indonesia, namun ada pula yang isi utamanya menggunakan bahasa Inggris.  Tatacara bertransaksi (pada menu how to buy) dijelaskan dengan bahasa Inggris padahal situs ini merupakan e-commerce lokal, dimana kebanyakan usernya berasal dari Indonesia.

    Text link cukup konsisten pada semua antarmuka di dalam situs ini, yaitu berwarna biru.

    -Selain itu, penggunaan nama menu pada situs ini terlihat tidak konsisten.  Pada halaman awal, digunakan nama ‘keranjang belanja’, sedangkan pada halaman pemesanan digunakan istilah ‘tas belanja’

    5. Error Prevention, yaitu mencegah user melakukan kesalahan dalam menggunakan antarmuka suatu sistem.

    -Form login pada situs www.tokokameraonline.com, tidak ada pemberitahuan jika user salah memasukkan password. Tampilan yang muncul hanya form email dan password yang kosong tanpa pesan kesalahan.

    -Pencegahan error sudah dilakukan pada situs ini, yaitu seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini.

    Pada form pengisian data diri, pencegahan error dilakukan dengan memberi pesan bahwa textfield yang bertanda bintang (*), wajib diisi. Password juga harus berupa karakter alfanumerik agar tidak terjadi error.

    Selain itu, pada form contact us, user diberi keterangan bahwa judul textfield yang bold wajib diisi agar tidak terjadi error.

    Analisis selanjutnya akan dibahas pada postingan Analisis Usability Web www.kameraonline.com – Bagian 3, dimana situs www.tokokameraonline.com ini akan dikaji berdasarkan:
    6. Recognition Rather Than Recall
    7. Flexibility and Efficiency of Use
    8. Aesthetic and Minimalist Design
    9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors
    10. Help and Documentation

    Setelah tiba pada tahap konfirmasi, user tetap diberi keleluasaan dalam mengontrol maupun kebebasan, dimana user dapat melakukan edit belanja jika ternyata ada barang yang ingin ditambahkan ke keranjang belanja ataupun barang yang tidak jadi dibeli.  Selain itu, user juga dapat melakukan perubahan metode pembayaran dan alamat pengiriman jika ternyata user salah memilih/ menginputkan pada langkah sebelumnya.